My polyvore.com

Wednesday 29 February 2012

Serat Alam

Serat alami merupakan serat yang di produksi oleh alam seperti tumbuhan, hewan dan proses geologis. Contoh-contoh serat alami yang ada dibawah ini :

1.      Serat kapas : merupakan serat halus yang berasal dari tumbuhan kapas yang tumbuh didaerah tropical dan subtropical. Produk tekstil dari serat kapas biasa disebut sebagai katun (benang maupun kainnya). Produk tekstil dari serat kapas adalah kain katun.







2.      Serat jute : serat yang berasal dari batang kulit pohon jute, banyak digunakan untuk pembuatan tali tambang.selain tali tambang jute juga banyak digunakan untuk bahan pembuat kertas,karpet,korde, dan juga pelapis kursi mebel.





3.       Serat flax : merupakan serat yang berasal dari jenis tumbuhan alang-alang. Serat ini merupakan serat yang pertama kali digunakan oleh manusia dan serat tertua di dunia linen dan merupakan tekstil terpenting setelah kapas dan wol. Serat flax biasanya digunakan menjadi pakaian musim panas, permadani, jala nyamuk dan ikan, tali, dll.







4.       Serat rami : merupakan serat yang dihasilkan dari tanaman rami atau biasa disebut dengan Boehmeria nivea yang kulit batangnya banyak digunakan untuk bahan baku tekstil. karakteristik dari serat rami ini hamper sama dengan kapas namun yang berbeda adalah lebih berkilap,kuat dan dapat menyerap air dengan baik dan lebih tahan dengn bakteri.




5.       Serat wol : merupakan serat yang dihasilkan dari hewan yang bernama domba. Kain yang dihasilkan dapat memberikan kehangatan bagi pemakai, khususnya di daerah dingin. 





6.       Serat sutra : dihasilkan dari ulat sutra yang bermetamorfosis yang nantinya menjadi kepompong lalu nanti serat tersebut dililitkan oleh mesin pemintal yang nantinya menjadi benang dan ditenun menjadi kain. serat alami ini memiliki hasil yang sangat haslus dan sangat berkilau sehingga harga dari serat tersebut termasuk mahal.